Senin, 23 November 2020

ANALISIS IKLAN MENGGUNAKAN METODE SEMIOTIKA ROLAD BARTHES

  

ANALISIS IKLAN MENGGUNAKAN METODE SEMIOTIKA ROLAD BARTHES

oleh: Ananda Fauzi Munawaroh 19107030062


1.      Iklan Nestle Kit Kat

        Petanda dari iklan tersebut yaitu benda yang patah menjadi dua. Penandanya yaitu benda yang patah menjadi dua. Petandanya yaitu istirahat. Kesimpulannya, sebagai tanda benda yang patah menjadi dua tidak memiliki arti yang khusus. Tapi sebagai penanda benda yang patah tersebut memiliki makna istirahat.  Jadi, saat waktunya istirahat maka saatnya Kit Kat.


2.      Iklan Samsung Power

Sarung tinju dapat diartikan kekuatan.Tenda dalam iklan tersebut yaitu not balok nada dengan sarung tinjunya. Penandanya ialah not balok dan sarung tinju. Petandanya adalah kekuatan. Kesimpulannya yaitu sebagai penanda not balok dengan sarung tinju tidak bermakna apa-apa. Sedangkan sebagai petanda not balok dengan sarung tinju diartikan sebagai kekuatan suara musik yang siap kelaur melalui speaker handphone.

 

3.      Iklan Weekend

Kotak weekend yang lebih kecil dapat diartikan singkat. Tanda dalam iklan tersebut yaitu kotak weekend yang lebih kecil dari hari yang lain. Penandanya ialah kotak weekend yang lebih kecil dari hari yang lain. Petandanya ialah singkat. Kesimpulannya yaitu kotak weekend yang lebih kecil dari hari yang lain sebagai tanda hanya terlihat berbeda dengan besarnya kotak lainnya saja. Sedangkan sebagai penanda kotak weekend yang lebih kecil memiliki makna bahwa waktu di saat weekend terasa lebih singkat dibandingkan dengan hari kerja lainnnya.


4.      Iklan CNN International



Resleting yang terbuka bisa dimaknai sebagai kemampuan melihat lebih dalam. Tanda dalam iklan tersebut yaitu  resleting berbentuk CNN yang terbuka. Penandanya yaitu resleting berbentuk CNN yang terbuka. Petandanya yaitu kemampuan lebih dalam. Kesimpulannya yaitu resleting berbentuk CNN yang terbuka sebagai tanda tidaklah mempunyai makna atau sekedar gambar saja. Tetapi sebagai sebuah penanda resleting berbentuk CNN terbuka bermakna kemampuan melihat berita secara mendalam.

5.      Iklan plant for the planet factory

Tanda dalam iklan tersebut yaitu daun yang berlubang dimana lubang tersebut menyerupai pabrik rokok dan asapnya, gambar pohon dengan tulisan plant for the planet, serta tulisan every leaf traps CO2.. Penandanya yaitu daun yang berlubang dengan lubang menyeruapai pabrik beserta asapnya. Petandanya yaitu mengatasi dan mengurangi. Kesimpulannya, sebagai penanda daun dengan lubang menyerupai pabrik dan asapnya hanyalah gambar biasa, tetapi sebagai penanda hal tersebut memiliki arti bahwa daun yang terdapat dalam pepohonan mampu mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh pabrik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALIBI CEPAT, TERPERCAYA, NOMOR SATU, TERMURAH PEMBASMI BAKTERI DAN VIRUS?

  ALIBI CEPAT, TERPERCAYA, NOMOR SATU, TERMURAH PEMBASMI BAKTERI DAN VIRUS? Laela Jumrotin Mukharomah (042) & Ananda Fauzi Munawaroh (...